Gempa bumi bermagnitudo M4,8 di Aceh, Belasan Ruko dan Kantor di Sabang Rusak akibat Gempa Tersebut

Gempa bumi bermagnitudo M4,8 di Aceh, Belasan Ruko dan Kantor di Sabang Rusak akibat Gempa Tersebut
(iNews.id/BNPB : Goog;e)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 4 Juni 2020 14:30 WIB

Terasjabar.id  Gempa bumi bermagnitudo M4,8 di Aceh, Kamis (4/6/2020) pukul 05.31 WIB tadi, mengakibatkan belasan bangunan mengalami kerusakan ringan hingga berat. Namun, tidak ada korban jiwa akibat gempa tersebut.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Raditya Jati mengatakan, berdasarkan pendataan yang dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA), terjadi kerusakan di Sabang. Adapun rinciannya, satu unit rumah toko (ruko) dan kantor rusak berat dan empat unit ruko lain rusak sedang.

"Sementara bangunan yang rusak ringan mencakup dua unit rumah dan satu TPI (tempat pelelangan ikan)," ujar Raditya dalam siaran pers yang diterima, Kamis (44/6/2020).

Puing-puing bangunan yang rusak setelah diguncang gempa bumi bermagnitudo M4,8 di Aceh, Kamis (4/6/2020). (Foto: iNews.id/BNPB)
Puing-puing bangunan yang rusak setelah diguncang gempa bumi bermagnitudo M4,8 di Sabang, Aceh, Kamis (4/6/2020). (Foto: iNews.id/BNPB)

Raditya mengatakan, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Sabang bertindak cepat dalam penanganan darurat, salah satunya pendataan dampak gempa. Pemerintah daerah yang dipimpin langsung Wali kota Sabang juga turun ke lapangan memantau dampak gempa.

Gempa bumi M4,8 yang terjadi Kamis pagi dirasakan masyarakat di Sabang, Banda Aceh dan Aceh Besar. Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis, berdasarkan laporan masyarakat, guncangan dirasakan di Sabang dalam skala intensitas III MMI serta II MMI di Banda Aceh dan Aceh Besar.

Gempa bumi yang terjadi pada pukul 05.31 WIB di wilayah Aceh dan Sabang berada pada koordinat 5,50 LU dan 95,33 BT. Gempa tepatnya berlokasi di darat, pada jarak 5 km Tenggara Banda Aceh dan kedalaman 10 km.

"BNPB mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh pada informasi palsu. Pastikan sumber informasi dari institusi resmi seperti BNPB, BMKG, dan Badan Penanggulangan Bencana Aceh atau Daerah," kata Raditya.

Disadur dari iNews.id

Gempa Bumi Maginitudo M 4 8 Provinsi Aceh BMKG BNPB


Loading...