Pemkab Kendal Menyasar Pedagang dan Pembeli di Pasar Pagi Kaliwingu Untuk Rapid Test Virus Corona

Pemkab Kendal Menyasar Pedagang dan Pembeli di Pasar Pagi Kaliwingu Untuk Rapid Test Virus Corona
(iNews/Eddie Prayitno : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 4 Juni 2020 12:24 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kabupaten Kendal menyasar pedagang dan pembeli di Pasar Pagi Kaliwungu, untuk rapid test Covid-19. Setidaknya sebanyak 50 orang diambil darahnya untuk rapid test.

Kepala Dinas Kesehatan Kendal, Ferinando Rad Bonay mengatakan, pasar merupakan wilayah yang rentan penyebaran Covid-19. Beberapa pedagang yang mengikuti rapid test merupakan orang yang pernah kontak dengan pasien Covid-19 di tempat lain.

Ferinando menjelaskan, tahapan ini merupakan lanjutan tes di pasar tradisional. Sebelumnya sudah 300 orang di tes, hasilnya sebanyak 65 sampel reaktif.

"Sebelumnya ada 65 orang lebih reaktif Covid-19. Kemudian kami isolasi di rumah sakit lapangan. Hasil swabnya negatif semua," kata Ferinando, Kamis (4/6/2020).

Dia menuturkan, langkah ini juga sebagai bukti apakah penyebaran Covid-19 di Kendal masih terjadi atau tidak. Ferinando menjelaskan, banyak pedagang pasar di Kendal yang memang sering berinteraksi dengan orang di zona merah Covid-19.

"Mereka ini kan banyak yang kulakan di Semarang atau ke Solo. Jadi kita antisipasi saja," ucapnya.

Dikatakan Feri, kasus pasien positif Covid-19 Kendal sepekan terakhir ini landai bahkan cenderung nihil. Namun dia masih mendeteksi, tidak adanya peningkatan ini karena kesadaran warga meningkat atau belum ditemukan.

Disadur dari iNews.id

Pemkab Kendal Pasar Pagi Kaliwungu Rapid Test Pandemi Virus Corona


Loading...