LeBron dan Sejumlah Atlet Ramai-ramai Serang Drew Brees

LeBron dan Sejumlah Atlet Ramai-ramai Serang Drew Brees
AP Photo
Editor: Malda Hot News —Kamis, 4 Juni 2020 11:56 WIB

Terasjabar.id -- Pemain NBA LeBron James dan sejumlah atlet ternama Amerika Serikat ramai-ramai menyerang pemain NFL Drew Brees menyusul komentar terkait penolakan terhadap pemain yang melakukan protes dengan berlutut.

Brees tidak setuju jika pemain NFL melakukan protes berlutut saat lagu kebangsaan Amerika Serikat di musim 2020 seperti yang dilakukan Colin Kaepernick pada 2016.
Tindakan berlutut Kaepernick kembali menjadi sorotan menyusul kematian pria kulit hitam George Floyd pada 25 Mei lalu. Floyd meninggal kehabisan napas setelah lehernya ditekan menggunakan lutut oleh polisi kulit putih Derek Chauvin.


"Wow teman. Mengejutkan saya di titik saat ini, kamu masih tidak mengerti kenapa Kaepernick berlutut satu kaki? Itu tidak ada hubungannya dengan tidak menghormati bendera atau tentara kita yang membuat negara ini aman," tulis LeBron lewat Twitter dikutip dari ESPN.


"Ayah mertua saya juga salah satu orang yang berjuang untuk negara ini. Saya bertanya mengenai [aksi berlutut] itu dan mengucapkan terima kasih atas jasanya. Dia tidak pernah menganggap aksi damai Kaepernick menghinanya, karena dia dan saya tahu mana yang benar dan mana yang salah," sambung LeBron.

Kaepernick melakukan aksi berlutut satu kaki sebagai bentuk protes terhadap kekerasan masyarakat kulit hitam di AS. Tindakan itu kembali diperbincangkan setelah Floyd meninggal karena kekerasan polisi.


Brees juga mendapat kritikan dari pemain klub NFL Green Bay Packers Aaron Rodgers yang pernah melakukan aksi protes saat lagu kebangsaan AS dengan bergandengan bersama pemain lainnya.

"Beberapa tahun lalu kami dikritik karena bergandengan tangan sebelum pertandingan sebagai bentuk solidaritas. Ini bukan soal lagu kebangsaan atau bendera. Mendengar dengan hati terbuka, mari mengedukasi diri, dan mengubah kata-kata serta pikiran menjadi aksi nyata," tulis Rodgers.

Brees juga diserang rekan setimnya di Saints, Malcolm Jenkins, yang merasa terluka karena pernyataan Brees.

"Komunitas kita sedang dalam bahaya dan kita butuh bantuan. Apa yang kamu katakan adalah kita jangan meminta bantuan dengan cara itu, pakai cara lain. Orang-orang yang berpikir seperti kamu, yang mengekspresikan diri seperti kamu, adalah masalah yang sebenarnya," ucap Jenkins. (har/ptr/CNN)

Lebron James NBA Drew Brees NFL


Loading...