Presiden Jokowi Meminta Untuk Meningkatkan Pendeteksian Virus Corona Dengan Metode PCR, Meminta Dilakukan Ditingkatkan 20.000 Spesimen Setiap Hari

Presiden Jokowi Meminta Untuk Meningkatkan Pendeteksian Virus Corona Dengan Metode PCR, Meminta Dilakukan  Ditingkatkan 20.000 Spesimen Setiap Hari
(TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN/POOL : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 4 Juni 2020 11:18 WIB

Terasjabar.id - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta untuk meningkatkan pendeteksian Covid-19 dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) diperbanya. Dia meminta dilakukan terhadap 20.000 spesimen setiap harinya.

"Target ke depannya sudah mulai 20 ribu per hari harus sudah kita rancang ke sana," kata Jokowi dalam Rapat terbatas terkait percepatan penanganan pandemi Covid-19 melalui siaran telekonference di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (4/6).

Dia pun mengapresiasi langkah melakukan tes PCR Covid-19 dapat dilakukan terhadap 10.000 spesimen setiap harinya.

"Pengujian spesimen saya sampaikan terima kasih dulu target pengujian spesimen dulu 10 ribu sudah terlampaui," jelas Jokowi.

Sebelumnya diketahui Jokowi meminta agar tes untuk mendeteksi virus corona (Covid-19) dengan metode Polymerase Chain Reaction (PCR) diperbanyak. Jokowi tak mau ada penumpukan pemeriksaan sampel, khususnya di daerah episentrum penyebaran virus corona.

Hingga kini tes PCR di Indonesia sudah mencapai 26.500 spesimen. Namun, Jokowi meminta agar kedepannya tes PCR Covid-19 dapat dilakukan terhadap 10.000 spesimen setiap harinya.

"Tes PCR sampai hari ini juga sudah menjangkau 26.500 tes ini juga lompatan yang baik tapi saya ingin setiap hari paling tidak kita bisa mengetes lebih dari 10 ribu (spesimen)," kata Jokowi dalam rapat terbatas melalui video conference, Senin (13/4).

Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sudah mengadakan 18 buah alat tes PCR. Jokowi ingin setidaknya ada tiga alat yang dapat dipakai untuk tes PCR dalam pekan ini.

"Sehari satu alat bisa 500 PCR. Berarti kalau 18 (alat), berarti per hari bisa mengetes 9.000 PCR per harinya. Ini sangat baik," ucapnya.

Disadur dari Merdeka.com

Presiden Jokowi Pandemi Virus Corona PCR


Loading...