Sebanyak 18 Kabupaten di Wilayah Sulsel Dinilai Dapat Menekan Reproduksi Efektif Virus Corona, Dinilai Sudah Dapat Dikendalikan

Sebanyak 18 Kabupaten di Wilayah Sulsel Dinilai Dapat Menekan Reproduksi Efektif Virus Corona, Dinilai Sudah Dapat Dikendalikan
(iNews/Yoel Yusvin : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 4 Juni 2020 09:56 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 18 kabupaten di wilayah Sulawesi Selatan (Sulsel) dinilai dapat menekan angka reproduksi efektif Covid-19 sudah di bawah satu persen. Penularan virus corona di sejumlah daerah tersebut dinilai sudah dapat dikendalikan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulsel, 18 daerah tersebut antara lain Kabupaten Bantaeng, Barru, Bone, Gowa, Jeneponto, Selayar, Luwu Timur, Luwu Utara, dan Maros. Lalu Kabupaten Pangkep, Pinrang, Soppeng, Tana Toraja, Toraja Utara, Wajo, Palopo, Luwu serta Sidrap.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, mengaku, konsentrasi pemerintah saat ini di beberapa daerah dengan angka reproduksi efektif Covid-19 di atas satu persen. Daerah episentrum tersebut khususnya berada di Kota Makassar.

Dia pun menyoroti kelonggaran berbagai aktivitas umum di Kota Makassar. Dia menyayangkan hal ini, karena skenario kebijakan New Normal pun belum ditetapkan di sana, sehingga upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona masih harus terus digalakkan.

"Jadi saya bilang ke Pak Wali (Yusran Jusuf), harus fokus. Saya lihat Makassar ini bukan New Normal, tapi normal sekali," kata Nurdin di Kota Makassar, Sulsel, Rabu (4/6/2020).

Dia juga meminta Pj Wali Kota Makassar segera mengevaluasi hal tersebut. Upaya tracing contact harus lebih dimassifkan. Di antaranya dengan tes swab massal dan rapid test.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Sulawesi Selatan Dinkes Sulsel


Loading...