Obama soal Demo George Floyd: AS Terbentuk dari Sebuah Protes

Obama soal Demo George Floyd: AS Terbentuk dari Sebuah Protes
Dunia Tempo.co
Editor: Malda Hot News —Kamis, 4 Juni 2020 09:27 WIB

"Dan bagi mereka yang telah berkomentar tentang protes ini, ingatlah, negara ini didirikan berdasarkan protes. Ini disebut revolusi Amerika," kata Obama dalam sebuah video berisikan tanggapannya terkait demonstrasi pada Rabu (4/6).

"Dan setiap langkah kemajuan di negara ini, setiap kebebasan, setiap ekspresi dari cita-cita kita yang terdalam, telah dimenangkan melalui upaya yang membuat status quo tidak nyaman. Kita semua harus berterima kasih kepada orang-orang yang bersedia dengan cara damai dan disiplin berada di luar sana membuat perubahan," paparnya menambahkan.


Kepada para demonstran, Obama menyerukan agar mereka "tetap berjalan dan tetap lah berharap."

"Ini adalah momen dan kita memiliki momen seperti ini sebelumnya di mana orang-orang akan menaruh perhatian. Dan itu tidak berarti bahwa semuanya akan selesai, jadi jangan berkecil hati karena ini adalah lari maraton bukan lari cepat," ujar Obama seperti dilansir CNN.

Obama menambahkan "saya berharap semua anak muda yang telah terinspirasi dan terlibat, mereka akan terus melakukannya."

Dalam video itu, pendahulu Presiden Donald Trump itu juga mengungkapkan bahwa warga minoritas dan kulit hitam di AS terlalu sering menghadapi diskriminasi hingga kekerasan karena sikap rasial.

"Terlalu sering dari kekerasan-kekerasan rasial itu dilakukan oleh orang-orang yang seharusnya melayani dan melindungi Anda semua," ucap Obama.

Dalam kesempatan itu, Obama menyerukan seluruh wali kota dan gubernur negara bagian untuk meninjau kembali kebijakan pengerahan aparat dalam menangani demonstrasi.

Ia bahkan marah dengan tindakan kepolisian yang menggunakan gas air mata dan cairan kimia lainnya dalam menghadapi pengunjuk rasa. (rds/evn/CNN)

Presiden Amerika Covid 19 Donald Trump George Floyd Obama


Loading...