Segera Menerapkan AKB Atau New Normal, Bupaati Ciamis Meminta Para Camat dan Kades Untuk Mempersiapkan dan Menyosialisasikan Tentang AKB Atau New Normal Pada Warga

Segera Menerapkan AKB Atau New Normal, Bupaati Ciamis Meminta Para Camat dan Kades Untuk Mempersiapkan dan Menyosialisasikan Tentang AKB Atau New Normal Pada Warga
(Istimewa/Humas Pemkab Ciamis : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 4 Juni 2020 07:43 WIB

Terasjabar.id – Bupati Ciamis H Herdiat Sunarya meminta para camat dan kades untuk mempersiapkan dan menyosialisasikan tentang tatanan hidup baru (new normal)  atau adaptasi kebiasaan baru (AKB).

Ciamis akan segera menerapkan AKB begitu masa perpanjangan PSBB parsial selesai Jumat (12/6/2020) pekan depan.

Hal tersebut dikatakan Herdiat pada rakor persiapan AKB yang melibatkan SKPD, camat, dan kades serta lurah se-Ciamis yang berlangsung secara video conference (vicon) Rabu (3/6/2020) siang.

Herdiat dan Wabup Yana D Putra memimpin rakor persiapan AKB tersebut di ruang vicon Setda Ciamis.

Penerapan new normal tersebut katanya perlu ditempuh karena belum ada kepastian kapan pandemi Covid-19 yang telah merusak tatanan dan sendi-sendi kehidupan tersebut berakhir.  

Karena vaksinnya belum ditemukan.

Tidak hanya kepada camat, kades, dan lurah, Herdiat juga meminta semua ASN yang bertugas di lingkup Pemkab Ciamis untuk melakukan persiapan penerapan AKB dan menyosialisasikanya kepada masyarakat.  

Bila persiapan sudah dilakukan dalam waktu tinggal seminggu ini diharapkan semua lapisan masyarakat beradaptasi dengan tatanan kenormalan baru (new normal) tersebut. Sehingga aktivitas kehidupan masyarakat dan perekonomian dapat berjalan normal kembali meski banyak keterbatasan dan pembatasan.

Persiapan adaptasi tatanan new normal (AKB) tersebut tidak hanya di enam kecamatan yang menjadi daerah perpanjangan PSBB parsial saja tetapi di semua kecamatan.

Semua warga di kecamatan mana pun harus membiasakan memakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan selalu mencuci tangan dengan sabun pakai air bersih.

Dan pendatang yang masuk di 15 titik perbatasan juga harus menjadi perhatian dengan pemeriksaan ketat SKPD terkait seperti Dishub, Satpol , Dinkes/Puskesmas bersama TNI/Polri menjadi pintu masuk di perbatasan wilayah Ciamis.   

Wabup Yana D Putra mengingatkan penerapan new normal tersebut harus menjadi kesadaran kolektif seluruh lapisan masyarakat Ciamis.  

“Sosialisasi AKB (new normal) harus dilakukan secara masif dan menyeluruh. Sehingga aktivitas ekonomi tetap jalan. Masyarakat tetap produktif dan selalu berpegang pada protojol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker, dan hindari kerumunan,” ucap Yana D Putra



Disadur dair Tribunjabar.id

Pandemi Virus Corona New Normal Bupati Ciamis


Loading...