Untuk Memutus Penularan Virus Corona, Pemkot Padang Menggratiskan Biaya Tes Swab Bagi Para Pedagang Pasar di Puskesmas dan Rumah Sakit

Untuk Memutus Penularan Virus Corona, Pemkot Padang Menggratiskan Biaya Tes Swab Bagi Para Pedagang Pasar di Puskesmas dan Rumah Sakit
(Diskominfo Padang Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 3 Juni 2020 12:18 WIB

Terasjabar.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Padang, Sumatera Barat (Sumbar), menggratiskan biaya tes swab bagi para pedagang Pasar Raya yang belum melakukan pemeriksaan. Pemeriksanaan tersebut diharapkan bisa memutus rantai penularan virus corona atau Covid-19 di klaster Pasar Raya tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid mengimbau kepada seluruh pedagang Pasar Raya Padang untuk kooperatif melakukan tes swab. Hal ini untuk mencegah peredaran virus corona dan menyelamatkan keluarga pedagang.

“Kita imbau pedagang untuk melakukan tes swab. Tes swab gratis dilakukan di Puskesmas dan dua rumah sakit (RSUD Rasidin dan SPH),” kata Feri Mulyani di Kantor Dinas Kesehatan, Rabu (3/6/2020).

Tes swab akan dapat memastikan kesehatan para pedagang, apakah nanti positif atau negatif Covid-19. Jika hasil tes swab menunjukkan ada pedagang positif Covid-19, tentu akan berdampak baik bagi pedagang dan keluarga. Sebab, pasien segera diisolasi, dirawat dan keluarga pun tidak tertular .

“Pedagang yang positif akan diisolasi, sehingga tidak tertular ke keluarga pedagang,” katanya.

Virus corona rentan mengakibatkan kematian bagi mereka yang mengalami penyakit kronis, di antaranya seperti diabetes, stroke, hipertensi, dan lainnya. Apalagi bagi mereka yang berumur di atas 50 tahun.

“Kita ingin mencegah itu, karena itu bagi pedagang atau masyarakat yang suka datang ke Pasar Raya agar melakukan tes swab,” katanya.

Disadur dari iNews.id

Pemkot Padang Pandemi Virus Corona Tes Swab Klaster Pasar Raya


Loading...