PW IPHI Provinsi Jawa Tengah Menyampaikan Keprihatinan Atas Pembatalan Penyelanggaraan Ibadah Haji 2020 Oleh Kemenag

PW IPHI Provinsi Jawa Tengah Menyampaikan Keprihatinan Atas Pembatalan Penyelanggaraan Ibadah Haji 2020 Oleh Kemenag
(Khaleejtimes/AFP : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 3 Juni 2020 11:22 WIB

Terasjabar.id - Pengurus Wilayah (PW) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Provinsi Jawa Tengah menyampaikan keprihatinan atas pembatalan penyelenggaraan ibadah haji 2020 oleh Kementerian Agama (Kemenag). IPHI berharap calon jemaah haji (calhaj) yang semestinya berangkat tahun ini tetap bersabar dan tabah.

"Mari berdoa, semoga tahun depan sudah membaik. Dan bagi saudara-saudara kita yang seharusnya berangkat haji tahun ini, bisa tetap sabar dan tabah," kata Ketua PW IPHI Jateng, Harsono, Selasa (2/6/2020) malam.

Pembina PW IPHI Jateng, Abdul Djamil dalam ceramahnya, mengajak kepada peserta halalbihalal virtual untuk tetap bersabar dengan kondisi saat ini di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya, pada dasarnya orang yang sudah berhaji juga pernah mendapatkan ujian yang tidak ringan.

"Dulu, saat kita haji, kita sudah dilatih untuk sabar. Betapa beratnya saat kita Arafah, Muzdalifah, Minna dan lain-lain. Waktu itu kita bisa sabar dan tidak mengeluh. Saat ini, kita sedang diuji dengan adanya corona, maka kita juga harus bisa sabar," kata mantan rektor IAIN Walisongo ini.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengapresiasi halalbihalal virutal yang diadakan oleh PW IPHI Jateng. Ganjar mengajak kepada semua pengurus IPHI di Jawa Tengah untuk berkontribusi melawan Covid-19.

Setidaknya anggota IPHI bisa mengedukasi dan mengajak anggota keluarganya, jemaahnya, orang-orang di sekitarnya, untuk terus melaksanakan protokol kesehatan pada masa pandemi Covid-19 ini. Melaksanakan protokol kesehatan merupakan ikhtiar lahiriyah sebagai umat Islam. Sedangkan ikhtiar batiniyah yakni dengan ibadah dan berdoa.

"Saya pesan, anggota IPHI itu kebanyakan sudah senior-senior. Usainya sudah sepuh-sepuh. Di antara mereka sudah banyak yang sakit-sakitan," kata Ganjar.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona PW IPHI Kemenag Ibadah Haji 2020


Loading...