Pelaksanaan Tes Sawab Terhadap 100 Warga Kampung Buninagara Kota Tasikmalaya, Diambil Sampel Terasa Menggelikan

Pelaksanaan Tes Sawab Terhadap 100 Warga Kampung Buninagara Kota Tasikmalaya, Diambil Sampel Terasa Menggelikan
(tribunjabar/firman suryaman : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 2 Juni 2020 19:37 WIB

Terasjabar.id - Pelaksanaan swab test terhadap 100 warga Kampung Buninagara, Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya, Selasa (2/6/2020), diwarnai kejadian menggelikan.

Itu terjadi ketika pelaksanaan swab test mulai dilakukan di dalam tenda BNPB di halaman sebuah rumah cukup luas milik warga setempat.

Walau sehari sebelumnya sudah disosialisasikan teknis pelaksanaan swab test, pada pelaksanaannya masih ada warga yang tak siap dan memperlihatkan mimik lucu.

Pasalnya, teknis pelaksanaan swab test bukan diambil darah. Tapi dengan cara memasukkan alat medis ke dalam hidung untuk mengambil cairan sampel di dalam lubang hidung.

Saat alat medis itu dimasukkan ke dalam hidung, banyak mimik lucu yang diperlihatkan warga. Petugas pun dengan sabar membimbing warga agar swab test satu per satu berjalan lancar.

"Seumur-umur baru kali ini ada benda masuk ke hidung sampai cukup dalam," kata seorang bapak yang tak sempat menyebutkan namanya, sambil tertawa.

Ia mengaku awalnya khawatir juga lubang hidung dimasuki benda. Tapi berkat bimbingan petugas serta sehari sebelumnya sudah diberitahu teknisnya, ia pun hanya bisa pasrah.

"Ya walaupun sempat khawatir, tapi lebih khawatir lagi kalau kami ini terpapar virus corona. Makanya lebih baik mengikuti tes ini," ujarnya sambil pamit.

Seperti diketahui, pelaksanaan swab test di Kampung Buninagara digelar, menyusul adanya satu warga setempat diketahui positif Covid-19 melalui swab test.

Dari hasil tracking ditemukan sekitar 30 warga pernah melakukan kontak erat. Atas kejadian itu, pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jabar menjadikan Kampung Buninagara sebagai pilot project karantina mikro.

Selain menerapkan karantina mikro terhadap 30 warga, Gugus Tugas Jabar juga melakukan swab test terhadap 100 warga setempat termasuk 30 warga hasil tracking.


Disadur dari Tribunjabar.id

Pandemi Virus Corona Tes Swab Kota Tasikmalaya


Loading...