Bila New Normal Diterapkan, MUI Sulsel Meminta Masjid Menyiapkan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Ibadah

Bila New Normal Diterapkan, MUI Sulsel Meminta Masjid Menyiapkan Protokol Kesehatan Di Lingkungan Ibadah
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 2 Juni 2020 14:10 WIB

Terasjabar.id - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan (Sulsel) meminta masjid menyiapkan protokol kesehatan di lingkungan ibadah, termasuk kepada para jemaah. Imbauan ini bersamaan dengan kebijakan pemerintah terkait New Normal.

"Saya sudah meminta kepada Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menyampaikan kepada pengurus masjid, membuka masjid dengan menerapkan protokol kesehatan," kata Sekretaris Umum MUI Sulsel, Prof Ghalib di Kota Makassar, Selasa (2/6/2020).

Menurut dia, yang berwenang mengatur pembukaan masjid tetap Pemerintah Provinsi Sulsel. Namun dia meminta, Gubernur Nurdin Abdullah berhati-hati untuk mengeluarkan kebijakan lantaran angka kasus Covid-19 masih tinggi.

"Kita tidak ingin penyebaran ini terjadi, apalagi dari kluster masjid," katanya.

Prof Ghalib mengemukakan MUI bekerja sama Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan ormas-ormas Islam juga siap menyosialisasikan ke pengurus masjid untuk mengikuti protokol kesehatan.

"Kita siap sosialisasi beraktivitas di masjid sesuai ketentuan kesehatan. Seperti jaga jarak, menggunakan masker, menyediakan tempat cuci tangan dan mungkin juga penggunaan thermo gun untuk pemeriksaan suhu tubuh," katanya.

Namun MUI, kata dia, meminta umat Muslim yang berada di zona merah tetap melaksanakan Salat Jumat dan salat berjemaah di rumah masing-masing. Tujuannya untuk menghindari penularan virus corona.

Disadur dari iNews.id

MUI Sulsel Pandemi Virus Corona New Normal Masjid


Loading...