Virus Corona Mewabah, Pemprov Aceh Menggratiskan Pemeriksaan Virus Corona Untuk Warga

Virus Corona Mewabah, Pemprov Aceh Menggratiskan Pemeriksaan Virus Corona Untuk Warga
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 31 Mei 2020 11:36 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Provinsi Aceh menggratiskan pemeriksaan Covid-19. Pemeriksaan gratis ini untuk tes cepat (rapid test) maupun dengan metode real time polymerase chain reaction (RT PCR) bagi warga Aceh. Pemeriksaan gratis ini untuk kebutuhan medis, kebutuhan administratif, maupun uji secara massal.

Juru bicara Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani, mengatakan hal tersebut sesuai dengan arahan pelaksana tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di Tanah Rencong.

“Bapak Plt Gubernur Aceh menegaskan, pemeriksaan rapid test dan pemeriksaan RT-PCR untuk Covid-19 di RSUD Zainoel Abidin gratis,” kata Saifulla, Minggu (31/5/2020).

Saifullah menambahkan, Dinas Kesehatan Aceh selaku ketua bidang penanganan kesehatan gugus tugas Covid-19 Aceh sedang mempersiapkan mekanisme pendaftaran dan prosedur pemeriksaan virus corona secara gratis.

“Rencananya, pemeriksaan gratis tersebut dapat dilakukan di posko Covid-19 bidang kesehatan atau di rumah sakit rujukan yang ditunjuk,” kata dia.

Nantinya, pemeriksaan ini akan diumumkan ke masyarakat. Mulai dari mekanisme dan prosedur pemeriksaannya.

“Kami akan umumkan kepada masyarakat mekanisme pendaftaran dan prosedur pemeriksaannya,” kata dia.

Sementara itu, di Aceh ada sebanyak 2.041 orang dalam pemantauan (ODP), sebanyak 53 orang di antaranya masih dalam pantauan petugas kesehatan, selebihnya telah selesai.

Pasien dalam pengawasan (PDP) ada106 kasus dengan rincian, enam orang sedang dirawat, 99 orang telah dinyatakan sembuh, dan satu orang meninggal dunia.

Sedangkan jumlah pasien yang positif Covid-19 sebanyak 20 orang, dengan rincian dua orang dalam perawatan di rumah sakit, 17 orang telah sembuh, satu orang orang meninggal dunia saat dalam status PDP.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Rapid Test Pemprov Aceh


Loading...