Pemkot Tarakan Bersama TNI dan Polri Resmi Melaksanakan Simulasi Pendisiplinan Masyarakat Menuju New Normal di Pasar Gusher

Pemkot Tarakan Bersama TNI dan Polri Resmi Melaksanakan Simulasi Pendisiplinan Masyarakat Menuju New Normal di Pasar Gusher
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Sabtu, 30 Mei 2020 14:44 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota Tarakan, bersama unsur TNI dan Polri resmi melaksanakan simulasi pendisiplinan masyarakat menuju tatanan kehidupan baru atau new normal. Langkah awal yang dilakukan dalam simulasi yakni menyasar pusat-pusat keramaian di Pasar Gusher, Jalan Gajah Mada, Jumat (29/05/2020) kemarin.

Dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Tarakan Khairul bersama unsur TNI-Polri, Ketua DPRD Kaltara, dan instansi terkait lainnya melakukan tinjauan langsung simulasi new normal.

Kapan akan dilaksanakannya new normal di Tarakan, masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Meski begitu, sejumlah persiapan telah dilakukan Pemkot Tarakan bersama TNI dan Polri.

wali kota tarakan khairul pimpin simulasi new normal di pasar gusher

Wali Kota Tarakan Khairul Pimpin Simulasi New Normal di Pasar Gusher ©2020 Merdeka.com

"Sama seperti PSBB yang dilakukan uji coba dulu. Termasuk hari ini kita melakukan simulasi untuk menghadapi new normal jika sudah diumumkan secara resmi oleh presiden. Tapi memang lebih dulu sudah kita persiapkan, secara resmi nanti akan diumumkan lagi seperti apa tahapannya," ujar Wali Kota Tarakan Khairul.

Tidak hanya mensosialisasikan hidup normal dengan tetap mengacu pada protokol kesehatan. Pada simulasi yang dilakukan, masyarakat yang masuk ke Pasar Gusher wajib menggunakan masker, dilakukan pemeriksaan kesehatan di antara pengecekan suhu tubuh oleh petugas gabungan.

"New normal ini kan adalah tatanan hidup normal baru di mana akan hadir budaya-budaya baru di tengah pandemi Covid-19, diantaranya dengan membiasakan menggunakan masker, mencuci tangan rutin dan juga termasuk cara bersalaman. Sehingga sebelum benar-benar menerapkan kita melakukan simulasi dulu," katanya

Sementara mengenai pelaksanaan salat Jumat dan kegiatan ibadah lainnya di masjid, akan kembali diselenggarakan tetapi nantinya tetap dengan protokol kesehatan.

"Nanti akan kita sampaikan, akan dirapatkan dulu. Seperti apa teknisnya nanti ada fatwa dari MUI," tutup Khairul.

Disadur dari Merdeka.com

Pandemi Virus Corona Pemkot Tarakan TNI dan Polri New Normal


Loading...