Warga di Kabupaten Rembang yang Positif Virus Corona Meninggal Dunia, Warga Diminta Untuk Tidak Keluar Rumah saat Pemakaman

Warga di Kabupaten Rembang yang Positif Virus Corona Meninggal Dunia, Warga Diminta Untuk Tidak Keluar Rumah saat Pemakaman
(iNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 29 Mei 2020 09:15 WIB

Terasjabar.id – Anggota Polsek Kaliori, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah (Jateng) menggunakan alat pengeras suara, meminta warga masuk ke dalam rumah pada Kamis (29/5/2020). Hal ini karena mobil ambulans pembawa jenazah pasien Covid-19 akan lewat.

Kapolsek Kaliori, Iptu Sunarto menjelaskan langkah tersebut untuk mencegah kerumunan warga yang ingin menyaksikan dari dekat. Jenazah langsung dimakamkan pada 23.30 WIB begitu tiba dari RSUD dr R Soetrasno Rembang.

“Jadi jalurnya kita sterilkan, jangan sampai banyak yang ambil foto di pinggir jalan. Makanya kita minta untuk masuk ke dalam rumah, “ katanya, Kamis (29/5/2020).

Sunarto menambahkan warga yang boleh masuk ke dalam area makam, hanya mereka yang mengenakan alat pelindung diri (APD) lengkap. Sedikitnya 12 orang, gabungan dari tenaga kesehatan, anggota polisi Satuan Sabhara Polres Rembang dan relawan membantu proses pemakaman jenazah.

“Sebelumnya kami juga lakukan pengamanan penggalian makam, sampai pemakaman selesai, “ ucapnya.

Sementara itu, Camat Kaliori, Harjono menyatakan tidak ada penolakan dari masyarakat, terkait pemakaman jenazah positif Covid-19 tersebut. Semuanya berjalan lancar sesuai harapan.

“Alhamdulilah lancar, warga desa menerima dengan baik, karena demi kebersamaan dan rasa cinta tanah air. Kebetulan pihak Puskesmas, Polsek dan Koramil ikut membantu, “ kata Harjono.

Harjono mengimbau pasca kejadian ini masyarakat jangan cemas berlebihan. Warga diminta disiplin mematuhi anjuran pemerintah dalam melaksanakan protokol kesehatan.

“Jangan panik, mohon masyarakat tetap tenang. Apa yang dianjurkan pemerintah dengan pakai masker, jaga jarak dan hindari kerumunan dijalankan untuk memutus mata rantai Covid-19, “ katanya.

Sebelumnya, pasien pria berusia 56 tahun dari salah satu desa di Kecamatan Kaliori meninggal dunia, Kamis (28/05) sekira pukul 18.15 WIB. Dia menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr. R. Soetrasno Rembang sejak tanggal 21 Mei 2020. Dia juga menjadi kasus kematian pertama akibat Covid-19 di Kabupaten Rembang. Kondisi pasien memburuk, karena gangguan sesak napas.

Dia yang bekerja sebagai sopir, sempat mempunyai riwayat kirim barang ke Jakarta. Sebelum meninggal dunia, korban lebih banyak hidup bersama istri.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona RSUD dr R Soetrasno Rembang Polsek Kaliori


Loading...