8 Petugas Lapas Terinfeksi Virus Corona, Seluruh Petugas dan Warga Binaan di Lapas Sijunjung Menjalani Tes Swab,

8 Petugas Lapas Terinfeksi Virus Corona, Seluruh Petugas dan Warga Binaan di Lapas Sijunjung Menjalani Tes Swab,
(iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 29 Mei 2020 08:42 WIB

Terasjabar.id - Seluruh petugas dan warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sijunjung, Sumatera Barat (Sumbar) menjalani tes swab. Tes dilakukan setelah delapan petugas lapas terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumbar Budi Situngkir mengatakan, tes swab terhadap petugas lapas dan warga binaan dilakukan Rabu (27/5/2020). Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil tes swab.

“Petugas lapas sebanyak 50 orang dan warga binaan sebanyak 215 orang,” kata Budi, Jumat (29/5/2020).

Budi menambahkan, adanya kasus positif Covid-19 itu tidak mempengaruhi program pembinaan yang ada di Lapas Sijunjung. Saat ini, delapan petugas yang positif corona sudah diisolasi.

"Delapan pegawai lapas yang dinyatakan positif Covid-19 telah dibawa ke Padang," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sijunjung Rizal Efendi mengatakan, pihaknya sudah melakukan tes swab kepada 420 orang sejak delapan pegawai Lapas Sijunjung positif corona.

"Tes swab dilakukan terhadap pegawai dan warga binaan di Lapas Sijunjung, serta orang lain yang punya riwayat kontak dengan pasien positif," katanya.

Rizal menambahkan, pihaknya terus berusaha menelusuri riwayat kontak pasien positif tersebut hingga ke level tiga.

"Sampelnya telah dikirim semua, dan kami masih menunggu hasil dari laboratorium," katanya.

Kasus di Lapas Sijunjung berawal dari seseorang yang menitip makanan ke petugas lapas. Ternyata, bersangkutan dinyatakan positif Covid-19 sehingga dilacak ke mana saja dia pergi dan melakukan kontak.

Sebanyak 20 warga binaan dan 30 petugas Lapas Sijunjung akhirnya dites mengingat ada riwayat kontak dengan pasien positif tersebut. Dari tes itu delapan pegawai lapas dinyatakan positif, sedangkan hasil tes warga binaan dinyatakan negatif.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona Tes Swab Lapas Sijunjung


Loading...