Mencegah Penyebaran Virus Corona, Sistem Absensi ASN di Pemkab Maros Pakai Alat Deteksi Wajah

Mencegah Penyebaran Virus Corona, Sistem Absensi ASN di Pemkab Maros Pakai Alat Deteksi Wajah
(Sindonews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 28 Mei 2020 13:30 WIB

Terasjabar.id - Sistem absensi aparatur sipil negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Maros diubah dari sistem fingerprint menjadi deteksi wajah. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi penularan virus corona.

Bupati Maros, Hatta Rahman mengatakan, selama ini sistem absensi pegawai dilakukan dengan cara fingerprint. Namun karena wabah corona, sempat dilakukan dengan cara manual.

"Namun kita mencoba untuk mengembalikan cara absensi secara elektronik. Sekarang ini menggunakan sistem deteksi wajah," kata Hatta Rahman di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (28/5/2020).

Kalau pakai deteksi wajah, kata dia, pegawai tidak lagi bersentuhan dengan dengan mesin absensi. Ke depan proses absen akan melalui ponsel, namun sisten ini masih diuji coba.

"Untuk sistem absesnsi ini kita ujicobakan di tiga organisasi perangkat daerah yakni kantor BKPSDM, Dinas Kominfo dan kantor Sekretariat Daerah Maros. Nanti kita lihat mana paling mudah diterapkan," katanya.

Hatta mengatakan sistem absensi yang baru ini akan diberlakukan awal Juni mendatang. Sementara absensi via ponsel, kata dia, baru bisa dilakukan di area kantor, menggunakan wifi.

"Untuk HP kita buat aplikasi sendiri tapi kita juga masih uji coba. Dan sistemnya hanya bisa digunakan di area kantor dengan menggunakan wifi kantor. Nanti kita lihat mana efektif," ujarnya.

Disadur dari iNews.id

ASN Pandemi Virus Corona Pemkab Maros


Loading...