Advertisement

Pemkot Pekalongan Gencar Menggelar Rapid Test, Rapid Test Dilakukan di 2 Pasar

Pemkot Pekalongan Gencar Menggelar Rapid Test, Rapid Test Dilakukan di 2 Pasar
(iNews/Suryono Sukarno : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 28 Mei 2020 13:13 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kota Pekalongan melalui Tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 gencar menggelar rapid test di sejumlah tempat keramaian. Kali ini rapid test digelar di Pasar Tradisional Banyurip dan Pasar Modern Superindo Kota Pekalongan.

Wali Kota Pekalongan, Saelany Machfudz rapid test secara massif dan acak akan terus dilakukan di sejumlah lokasi. Pelaksanaannya sudah dilaksanakan sebelum hari raya Idul Fitri.

"Kebetulan hari ini ada di Pasar Tradisional Banyurip dan Pasar Modern Superindo. Semua pasar dan pusat perbelanjaan nantinya akan kami sasar untuk dilakukan rapid test," kata Saelany, Kamis (28/5/2020)

Di setiap lokasi yang disasar, rapid test minimal dilakukan terhadap 40 orang secara acak baik pedagang, pengunjung, dan karyawan. Untuk sementara, rapid test dilakukan bagi orang yang banyak berinteraksi.

"Terkait sasaran untuk semua pegawai Pemkot dan pelayanan kesehatan yang juga berinteraksi langsung dengan banyak orang nanti akan kami lakukan setelah ini, yang paling penting untuk masyarakat umum dulu," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekalongan Slamet Budiyanto menyebutkan di Pasar Tradisional Banyurip, dari 43 sampel yang didapat, sebanyak 10 orang di antaranya reaktif.

"Di Pasar Banyurip tadi dari 43 orang yang di rapid test, 10 orang hasilnya reaktif terdiri dari 7 orang warga Kota Pekalongan, 1 orang dari Kabupaten Pekalongan, dan 2 orang dari Kabupaten Batang. Mereka macam-macam profesinya,ada pedagang, pembeli maupun tukang parkir," ujar Budi.

Lebih lanjut, Budi menambahkan sementara di lokasi kedua, Pasar Modern Superindo, dari 42 sampel yang diperiksa, 10 sampel di antaranya juga menunjukkan hasil reaktif. Terkait hasil tersebut, pihaknya akan melakukan tracking terhadap anggota keluargan masing-masing.

"Kami koordinasikan dengan pemerintah daerah masing-masing untuk dilakukan penanganan lebih lanjut. Selanjutnya, kami juga akan melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Banyurip," ujarnya.

Disadur dari iNews.id

Pemkot Pekalongan Pandemi Virus Corona Pasar Tradisional Pasar Modern


Related Post



Loading...