Penerapan New Normal, PKB Berharap Pemerintah Memberi Perhatian Serius di Pondol Pesantren

Penerapan New Normal, PKB Berharap Pemerintah Memberi Perhatian Serius di Pondol Pesantren
(iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 28 Mei 2020 12:44 WIB

Terasjabar.id – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berharap, pemerintah memberi perhatian serius pada penerapan kondisi normal baru (new normal) di pondok pesantren. Sebab, selain sebagai pusat pendidikan agama, pesantren juga punya peran penting sebagai penopang stabilitas ekonomi dan sosial kemasyarakatan.

“Kami di Jawa timur sangat mendukung langkah pemerintah menerapkan new normal. Karena itu akan kami kawal penuh implementasinya, khususnya untuk pondok pesantren,” kata anggota Fraksi PKB DPRD Jatim, Achmad Amir Aslichin, Kamis (28/5/2020).

Amir mengatakan, berdasarkan data Kementerian Agama (Kemenag), di Jatim terdapat 4.550 pondok pesantren dengan 574.340 santri. Sejak pandemi corona mewabah, seluruh pesantren libur dan santri dipulangkan.

“Kita dapat bayangkan, hampir tiga bulan ini, pesantren memulangkan santrinya. Tentu tak hanya berdampak pada pondok, tetapi juga pada banyak sektor, yang ekonominya bergantung pada aktivitas pondok,” katanya.

Karena itu, pihaknya juga mendorong Pemerintah Provinsi Jatim, untuk segera menerapkan new normal di pondok pesantren. “Tentu dengan penerapan ketat protokol pencegahan Covid-19, berikut support anggaran untuk kebutuhan standardisasi infrastruktur penopangnya,” katanya.

Penerapan new normal di pesantren, kata Amir butuh perhatian khusus dari pemerintah. Mulai tahap pengembalian santri dari berbagai daerah, pemeriksaan massal, standardisasi sarana kesehatan dan ruang belajar, hingga alokasi anggaran khusus selama transisi.

“Kami akan koordinasikan dengan PWNU, PCNU, RMI, soal kesiapan dan kebutuhan pesantren di masa new normal diterapkan nanti. Kami juga akan dorong pemerintah provinsi, juga daerah, mendukung penuh persiapan tersebut,” katanya.

Amir juga berharap, langkah new normal yang dipilih pemerintah dipahami secara bijak. Baginya, new normal sama sekali tak berarti menyerah pada pandemi. Kelaziman baru ini justru menuntut masyarakat untuk cepat beradaptasi.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Virus Corona PKB New Normal Pondok Pesantren


Loading...