Sambut Lebaran, Ini Bacaan Takbiran Idul Fitri Lengkap Latin dan Artinya

Sambut Lebaran, Ini Bacaan Takbiran Idul Fitri Lengkap Latin dan Artinya
Ilustrasi malam takbiran. (Antara)
Editor: Admin Life Style —Sabtu, 23 Mei 2020 17:51 WIB

Terasjabar.id –  Pada malam sebelum Hari Raya Idul Fitri, umat Muslim biasanya akan mengisi malam terakhir di bulan ramadan itu dengan takbiran. Selama semalaman umat Muslim akan membaca bacaan takbiran Idul Fitri hingga salat Id digelar.

Takbiran Idul Fitri tidak hanya dilakukan di masjid saja melainkan juga bisa dilakukan di rumah. Terlebih, dalam situasi pandemi virus corona umat Muslim dianjurkan untuk merayakan Idul Fitri di rumah saja.

Dikutip dari laman NU Online, takbir adalah bagian dari dzikir sehingga tidak ada larangan dalam bertakbir selama masih dalam batas wajar. Bahkan, takbiran masuk sebagai salah satu sunnah yang akan mendatangkan pahala apabila dikerjakan.

Anjuran membaca takbir tertuang dalam Surat Al-Baqarah ayat 185 yang artinya sebagai berikut:

"Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur." (QS. Al-Baqarah:185)

Orang-orang yang memperbanyak takbir akan mendapatkan imbalan besar seperti sabda Rasulullah berikut.

"Perbanyaklah membaca takbiran pada malam hari raya (fitri dan adha) karena hal dapat melebur dosa-dosa."

Untuk mengisi malam menuju hari kemenangan, umat Muslim dianjurkan memperbanyak membaca lafadz takbiran Idul Fitri. Berikut bacaan takbiran Idul Fitri lengkap latin dan artinya.

Allahu akbar (3x)
Laa illaaha illahhaahuwallahu akbar
Allaahu akbar walillaahil hamd

Artinya: "Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada Tuhan (yang wajib disembah) kecuali Allah dan Allah Maha Besar, Allah Maha Besar dan segala puji hanya untuk Allah."

(Suara.com)

Sambut Lebaran Ini Bacaan Takbiran Idul Fitri Lengkap Latin dan Artinya


Loading...