5 Amalan Malam Takbiran, Sempurnakan Ibadah di Penghujung Ramadan

5 Amalan Malam Takbiran, Sempurnakan Ibadah di Penghujung Ramadan
ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com
Editor: Admin Hot News —Sabtu, 23 Mei 2020 17:27 WIB

Terasjabar.id –  Tidak terasa, kini waktu telah memasuki hari terakhir bulan Ramadan. Artinya, sebentar lagi seluruh umat muslim akan menyambut datangnya hari kemenangan atau hari raya Idul Fitri.

Pada momen tersebut, merupakan perayaan bagi seluruh umat muslim setelah menahan lapar, dahaga dan mengontrol emosi buruk selama berpuasa. Pada hari kemenangan inilah, seluruh umat muslim akan menuju lembaran yang baru yang lebih baik.

Pada malam sebelum perayaan Idul Fitri, biasanya masyarakat akan melakukan kegiatan takbiran di lingkungan masjid. Kegiatan ini pun rutin dilakukan setiap tahun, bahkan sudah menjadi amalan yang selalu dilakukan di akhir bulan Ramadan.

Di Indonesia sendiri kegiatan ini tidak jarang dijadikan sebagai ajang kompetisi atau parade antar masjid untuk memeriahkan semarak malam takbiran. Tidak sedikit di antaranya mengusung tema-tema unik yang membangkitkan semangat hingga mampu memberikan hiburan yang menarik.

Namun, perayaan malam takbiran tahun ini akan berbeda dengan kebiasaan yang telah dilakukan tahun-tahun sebelumnya. Mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung, maka masyarakat diimbau untuk tidak melakukan kegiatan takbir keliling agar tidak menimbulkan kerumunan.

Meskipun begitu, kegiatan malam takbiran masih dapat dilakukan dengan menyerukan kalimat takbir melalui masjid terdekat di lingkungan rumah. Selain itu, masih terdapat beberapa amalan malam takbiran yang bisa dilakukan untuk menambah pahala di penghujung Ramadan.

Bahkan amalan-amalan ini dapat dilakukan di rumah bersama keluarga. Dilansir dari Brilio.net, berikut kami telah merangkum beberapa amalan malam takbiran yang bisa Anda lakukan di rumah, untuk sempurnakan pahala Ramadan.

Menyerukan Takbir

Amalan malam takbiran yang pertama tentu saja dengan menyerukan kalimat takbir. Amalan yang atau ini dikatakan dapat memberikan kesempatan bagi umat muslim untuk memperoleh ampunan, bebas dari api neraka, hingga mendapatkan harapan ibadah yang diterima oleh Allah SWT.

Bukan hanya itu, kegiatan ini juga bisa menjadi kesempatan untuk mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah. Dalam hal ini Allah berfirman pada QS Al-Baqarah ayat 185 : “…hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (bertakbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu.”

Kegiatan menyerukan kalimat takbir ini dapat dilakukan di mana saja. Baik itu di dalam masjid maupun di rumah.

Untuk saat ini tentu saja, kegiatan takbiran lebih baik dilaksanakan di rumah. Bukan hanya itu, seruan takbir juga bisa dilafalkan masing-masing umat muslim saat menjelang pelaksanaan sholat Idul Fitri di keesokan harinya.

Berikut adalah lafal kalimat takbir yang bisa diucapkan :

“Allahu Akbaru Allahu Akbar, La ilaha illallahu wallahu Akbar, Allahu akbaru wa lillahil-hamd”

Yang artinya:

“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji milik Allah.”

Sholat Subuh dan Isya Berjamaah

Amalan malam takbiran yang kedua adalah melaksanakan sholat subuh dan isya secara berjamaah. Seperti diketahui, melaksanakan ibadah sholat subuh dan isya secara berjamaah memang sudah menjadi kebiasaan dan anjuran baik untuk dilakukan sehari-hari.

Namun seseorang yang melakukan ibadah ini di hari terakhir Ramadan atau malam takbiran, maka akan mendapatkan keistimewaan berupa pahala yang berlipat ganda.

Bukan hanya itu, umat musim yang melaksanakan ibadah ini juga akan diberikan kemuliaan oleh Allah SWT. Dengan begitu, ini menjadi kesempatan baik untuk menyempurnakan ibadah di penghujung Ramadan yang sayang jika dilewatkan.

Berdoa

Amalan malam takbiran yang bisa dilakukan selanjutnya adalah berdoa. Seperti diketahui, Allah akan memberikan ampunan yang seluas-luasnya bagi umat muslim yang berdoa memohon kepada Sang Pencipta.

Bukan hanya itu, Allah juga akan menjanjikan berkah pahala yang melimpah bagi umatnya yang rajin melakukan ibadah dan amalan baik di bulan Ramadan.

Tentu saja ini merupakan kesempatan dan peluang baik bagi seluruh umat muslim untuk memanjatkan doa kepada Allah dengan sungguh-sungguh. Berdoa memohon ampun atas segala kesalahan yang telah dilakukan selama hidup di dunia baik disengaja maupun tidak disengaja.

Selain itu, juga dapat berdoa memohon kesehatan, keberkahan rejeki, serta keselamatan selama menjalani kehidupan selanjutnya. Doa yang dilakukan dengan ikhlas dan bersungguh-sungguh pasti akan diterima dan dikabulkan oleh Allah.

Berdzikir

Selain memanjatkan doa, berdzikir juga termasuk salah satu amalan malam takbiran yang bisa dilakukan di penghujung bulan Ramadan. Dikatakan, berdzikir merupakan salah satu cara untuk menyempurnakan ibadah kepada Allah SWT.

Bukan hanya itu, berdzikir juga bisa menjadi salah satu upaya untuk mengingat, mendekatkan diri, serta menunjukkan rasa syukur dengan limpahan berkah yang diberikan Allah. Rasulullah SAW pun menganjurkan seluruh umat muslim untuk banyak berdzikir agar senantiasa mendapat perlindungan dari Allah.

Anda juga bisa melakukan kegiatan dzikir untuk menyempurnakan ibadah di malam takbiran. Berdzikir pun menjadi kegiatan positif yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang menjelang datangnya hari raya Idul Fitri.

Dengan berdzikir, Anda bisa lebih mengingat dan mendekatkan diri kepada Allah, serta bisa mendapatkan kemuliaan di penghujung bulan Ramadan.


Mempersiapkan Diri untuk Pelaksanaan Salat Idul Fitri

Amalan malam takbiran yang terakhir bisa diisi dengan mempersiapkan diri menuju pelaksanaan sholat Idul Fitri di keesokan harinya. Dalam hal ini, Anda bisa menyiapkan pakaian baik dan rapi yang akan dikenakan saat melaksanakan ibadah sholat Idul Fitri.

Selain itu, perlu juga menyiapkan wewangian agar pakaian dan tubuh segar saat mengikuti pelaksanaan sholat Idul Fitri. Sebab Allah menyukai hambanya yang berpenampilan rapi, bersih dan wangi ketika hendak menghadapnya.

Terakhir, siapkan pula sedikit uang yang akan disedekahkan untuk infak Idul Fitri. Dengan menyedekahkan sebagian harta tentu saja menjadi salah satu amalan yang bisa menambah pahala dan kemuliaan dari Allah SWT.

(Merdeka.com)

5 Amalan Malam Takbiran Sempurnakan Ibadah di Penghujung Ramadan Idul Fitri


Loading...