PSSI Gelar Pertemuan dengan Menpora, Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Berpeluang Dilanjutkan?

PSSI Gelar Pertemuan dengan Menpora, Kompetisi Liga 1 dan Liga 2 Berpeluang Dilanjutkan?
Tribunjakarta.com
Editor: Malda Sport Style —Sabtu, 23 Mei 2020 13:10 WIB

Terasjabar.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memberikan sinyal kepada PSSI agar bisa menggulirkan lagi kompetisi sepak bola Liga 1 dan Liga 2 di Indonesia.

Kepastian tersebut didapat setelah ada pertemuan antara Menpora, Zaenudin Amali dengan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan di Kantor Menpora, pada Jumat (22/5/2020) kemarin.

Dalam pertemuan tersebut, ada beberapa topik yang dibahas oleh Zainudin Amali dengan Iriawan, satu diantaranya adalah kelanjutan kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

Menurut Zainudin, pihaknya sudah mendapatkan instruksi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo agar bisa hidup berdampingan di tengah pandemi Covid-19 atau virus corona.

Dengan begitu, seluruh aktivitas masyarakat termasuk kegiatan olahraga bisa berjalan beriringan namun tetap memperhatikan protokoler kesehatan yang ketat.

“Tapi, pemerintah sudah menegaskan, kita harus hidup berdampingan dengan Corona. Protokol kesehatan akan dijalankan sangat ketat, tapi pemulihan ekonomi termasuk kegiatan olahraga akan mulai menyesuaikan. Kata kuncinya: kita harus tetap produktif di saat pandemi,” kata Zainudin dalam pernyataan resminya.

Kendati demikian, kedua pemimpin tersebut masih tetap menunggu keputusan lanjutan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengenai status tanggap darurat yang telah dikeluarkan sampai tanggal 29 Mei 2020.

Setelah ada keputusan lanjutan, Menpora dan PSSI akan menentukan sikap lanjutan yang nantinya diterapkan langsung di lapangan.

Zainudin menuturkan, dirinya sudah mendengar kabar permintaan dari klub-klub di Indonesia yang menginginkan kompetisi dihentikan.

Namun, jika kompetisi harus dihentikan akan berdampak besar kepada Timnas Indonesia yang akan menghadapi beberapa agenda besar di tahun 2020 dan 2021.

“Saya dengar klub-klub maunya kompetisi berhenti saja, tapi bagaimana kemudian dengan persiapan timnas? Kita tahu timnas senior Oktober akan main di Pra Piala Dunia yang akan menentukan peringkat Indonesia di FIFA," ucap Zainudin.

"Demikian pula timnas U-16 di Piala AFC serta tentu saja timnas U-19 untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021,” pungkasnya.

Nantinya, Menpora dan PSSI akan terus berkoordinasi membahas perkembangan terbaru kondisi dan langkah ke depan yang akan diambil setelah adanya keputusan lanjutan dari BNPB.

Selain membahas mengenai kelanjutam kompetisi, PSSI turut melaporkan perkembangan terbaru mengenai pelaksanaan Piala Dunia U-20 2021 yang berlangsung di Indonesia.

Iriawan mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan induk sepak bola di dunia, FIFA mengenai persiapan dan rencana ke depan yang akan dikerjakan.

Selain itu, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu turut memberikan update terbaru persiapan Timnas Indonesia U-19 sebeluk terjun di ajang Piala Dunia U-20 2021.

Saat ini, Timnas U-19 sudah mulai menjalani serangkaian agenda pemusatan latihan secara virtual dan dipimpin langsung manajer pelatih Shin Tae-yong.

“Kami terus berkoordinasi dengan FIFA terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021, termasuk menyiapkan ‘Business Plan’. Demikian pula mengenai kesiapan tim nasional U-19 yang tahun depan akan bertanding di ajang itu,” tutup Iriawan.

(Tribunjakarta.com)


PSSI Menpora Rapat Liga 1 Liga 2


Loading...