TERASJABAR.ID – Mercedes Benz OH 1829 mulai dikenal di Indonesia pada awal tahun 2000-an.
Mesin yang digunakan bukan sembarang mesin, melainkan mesin V6 dengan kode OM 441 LA. Mesin andalan buatan Mercedes Benz dengan kapasitas besar dan tenaga serta torsi yang kuat untuk perjalanan jauh. Konfigurasi mesin V6 memberikan performa yang stabil dan suara knalpot ganda yang khas sekali, membuat bus dengan sasis ini mudah dikenali.
Sasis OH 1829 ini sendiri merupakan bagian dari jajaran sasis rear-engine (mesin belakang) yang mulai diperkenalkan Mercedes-Benz sejak era 1980-an.
Sasis rear-engine ini punya keunggulan dalam hal distribusi bobot dan kenyamanan penumpang, sebab mesin yang terpasang di belakang tak mengganggu ruang penumpang dan membuat perjalanan terasa lebih halus.
Salah satu operator besar di Indonesia, PO Safari Dharma Raya, menjadikan Mercedes Benz OH 1829 sebagai armada istimewa mereka. Bus ini bukan hanya lahir sebagai alat transportasi, tapi sudah melekat sebagai ikon kuat, berkat kekuatan mesin V dan desain knalpot ganda yang sangat menarik. Inilah yang membuatnya unik.
Tak hanya itu, keunikan lain juga ada pada modifikasi yang di berikan PO Safari Dharma Raya pada bus dengan sasis Mercedes Benz OH 1829 ini, yakni modifikasi pada bagian kaki-kakinya, pada awalnya bus ini memiliki gvw 18 ton menjadi 26 ton.
Namun sayang, untuk saat ini unitnya sudah terlihat tidak beroperasi lagi di jalanan. Pada saat masih beroperasi bus ini sering di operasikan di rute Jarak jauhnya PO Safari Dharma Raya yakni, Jakarta-bima. ***