Berikut Beberapa Manfaat Telur Ayam

Berikut Beberapa Manfaat Telur Ayam
Ilustrasi (Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 26 September 2022 15:21 WIB

Terasjabar.id - Telur ayam menjadi salah satu bahan makanan paling dicari oleh masyarakat. Selain, karena cara pengolahan yang cepat dan cita rasa yang lezat tapi, telur ayam juga memiliki beribu-ribu manfaat yang baik untuk kesehatan.

Perlu kalian ketahui, kalau telur adalah bahan makanan yang berasal dari hewani dan mengandung hampir semua nutrisi baik mikro maupun makro.

Pada putih telur terdapat kandungan protein yang tinggi, vitamin B2, B6, B12 dan Selenium. Sedangkan, kuning telur terdapat kandungan lemak, kalori, kolesterol dan beberapa jenis mineral.

Dalam satu butir telur ras, terdapat kandungan gizi sebanyak:

-Energi (kalori): 154 kkal
-Protein: 12,4 gram
-Lemak: 10,8 gram
-Karbohidrat: 0,7 gram
-Kalsium: 86 miligram
-Zat Besi: 3miligram
-Fosfor: 258 miligram
-Kalium: 118,5 miligram
-Natrium: 142 miligram
-Vitamin A: 104 mikrogram
-Vitamin B1: 0,12 miligram
-Vitamin B2: 0,38 miligram
-Vitamin B6
-Vitamin D
-Vitamin E
-Vitamin K

Lalu, apa saja manfaat telur bagi kesehatan? Berikut empat manfaat telur yang baik untuk kesehatan, yaitu:

1.Memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh
    Seperti yang kita ketahui kalau telur merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Oleh karena itu, telur dapat memperbaiki dan membentuk jaringan tubuh. Karena, fungsi utama dari protein adalah pembentukan dan perbaikan sel tubuh. Hampir seluruh jaringan penyusun tubuh berasal dari protein seperti otak, otot, tulang dan masih banyak lainnya.

2.Baik untuk kesehatan mata
    Selain kandungan gizi yang telah disebutkan  di atas, terdapat dua zat lain yang sangat baik untuk kesehatan mata. Yaitu antioksidan lutien dan zeaxanthin. Keduanya berfungsi untuk melindungi retina dari sinar matahari yang dapat menyebabkan kerusakan pada retina.
3.Membantu menjaga berat badan
    Bagi kalian yang sedang menjalankan program diet, maka telur harus menjadi salah satu bahan makanan yang wajib ada loh. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang terdapat pada telur.

Selain itu, dalam telur juga terdapat lemak. Sehingga, membantu kita sedikit kenyang lebih lama dibandingkan hanya mengkonsumi sumber karbohidrat saja.

4.Menjaga sistem imun
    Di dalam telur terdapat berbagai kandungan gizi dan mineral yang dapat memperkuat sistem imun pada tubuh kita. Contoh saja antioksidan, vitamin A, vitamin B12 dan mineral. Sehingga, dapat membuat sistem kekebalan pada tubuh lebih kuat dan tidak mudah terserang penyakit.

Disadur dari Suara.com 

Telur Ayam Manfaat Protein


Loading...